Evaluasi Minggu Pertama BLC TELKOM

Sabtu, 17 Desember 2016

Assalamu'alaikum Wr Wb.
   Disini saya akan bercerita sedikit tentang minggu pertama saya dan teman teman di BLC TELKOM.
Selama 4 hari di BLC TELKOM klaten saya mendapat ilmu yang tidak sedikit, dari Menginstal Linux Mint, Pengarahan SOP, Materi jaringan dan  telekomunikasi.
Sedangkan kakak kakak yang sudah lama Prakerin di BLC TELKOM mengevalusi kegiatan kegiatan mereka yang mereka lakukan seminggu ini.
 Berikut cuplikan materi yang kakak kakak BLC paparkan:

 1.Moodle
Pengertian  Moodle adalah sistem manajemen pembelajaran perangkat lunak bebas dan open source yang ditulis dalam PHP dan didistribusikan di bawah GNU General Public License.Dikembangkan pada prinsip-prinsip pedagogis,Moodle digunakan untuk blended learning, pendidikan jarak jauh, membalik kelas dan proyek E-learning di sekolah-sekolah, universitas, tempat kerja dan sektor lainnya.

2.Perpustakaan Online
Perpustakaan digital (Inggris: digital library atau electronic library atau virtual library) adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kum pulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll. Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.

3.Portal
Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam.

4.CMS
CMS merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload, edit, menambahkan ,dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

5. DNS
Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet.

6. Repository
Repository adalah suatu kumpulan dari berbagai macam aplikasi atau program untuk sebuah sistem operasi linux atau ringkasnya adalah suatu paket aplikasi dalam distribusi Linux.

7. SquirrelMail 
SquirrelMail adalah sebuah proyek yang menyediakan baik klien email berbasis web dan proxy server untuk IMAP protokol.

 8.VOIP Kamelio
teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

9.WDS
 WDS adalah kependekan dari Wireless Distribution System. Dengan WDS kita dapat memperluas jaringan dari access point tanpa menggunakan kabel seperti yang biasa dilakukan jaringan dengan kabel. Kita perlu memahami WDS untuk melakukan disain atas jaringan yang akan kita buat.

Sumber :  http://en.wikipedia.org/wiki/SquirrelMail  
                 https://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP
                 http://www.proweb.co.id/articles/support/wds.html
                 https://id.wikipedia.org/wiki/Perpustakaan_digital
                 http://ghadinkz23.blogspot.co.id/2010/09/pengertian-repository.html 

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images

Popular Posts

Flickr Images