MENGINSTAL SISTEM OPERASI LINUX MINT


Assalamu'alaikum Wr Wb.
    Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstal Linux Mint dengan benar.Sebelumnya terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu sistem operasi Linux Mint.
 
I . PENGERTIAN LINUX MINT
 Linux Mint adalah salah satu sistem operasi yang berbasis Ubuntu. Linux Mint merupakan salah satu pilihan terbaik bagi pemula yang ingin beralih dari sistem operasi Windows.

II.LATAR BELAKANG
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu , juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

III.ALAT DAN BAHAN
1. Laptop
2. FD Linux

IV.TUJUAN

      1.      Untuk mengetahui secara jelas Linux Mint
2.      Untuk Mengetahui Fitur Linux Mint
3.      Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Linux Mint
      4.      Untuk mengetahui bagaimana caranya installasi Sistem Operasi Linux dan dapat mengetahui Sistem Operasi Linux yang berbasis open source.

V. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN    

Jangka waktu pelaksanaannya sekitar 1 sampai 2 jam.

VI.TAHAP PELAKSANAAN
   *Pastikan sudah mempunyai file ISO Linux ,dan jangan lupa backup  data yang dianggap penting
1. Persiapan Instalasi

    Instalasi Linux Mint  menggunakan media penyimpanan flash disk. Salah satu keuntungan Linux Mint dan umumnya sistem operasi Linux lain adalah fasilitas LiveCD, dimana kita dapat mencoba sistem operasi yang akan digunakan terlebih dahulu sebelum diinstall pada komputer.
Untuk melakukan instalasi, terlebih dahulu pembacaan awal device (Boot Device Priority) yang diatur pada BIOS harus di arahkan ke media yang digunakan  dengan menekan tombol delete.


 2. Mulai Instalasi

Untuk melakukan installasi, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengklik ganda icon Install Linux Mint yang ada pada desktop Linux Mint.

 

 3. Memilih Bahasa

Selanjutnya akan ditampilkan menu pilihan bahasa yang akan digunakan. Pilih bahasa yang akan digunakan dalam proses instalasi Linux Mint, lalu pilih continue.


 

4. Jika komputer terhubung ke jaringan Internet, sistem operasi Linux Mint dan aplikasi yang digunakan akan diperbaharui secara otomatis dalam proses instalasi, lalu pilih continue.



5. Pada tahap ini silahkan pilih type installasi yang teman-teman inginkan, disini silahkan pilih Something else lalu klik Install Now

6.  Membagi Partisi Harddisk
Selanjutkan kita akan membuat partisi,, pertama kita buat partisi root nya,,klik ikon + untuk membuat partisi, kemudian isikan seberapa banyak kapasitas harddisk yang teman-teman inginkan, untuk type for the new partition pilih primary, location for the new partition pilih Beginning of this space, use us pilih Ext4 journaling file system, mount point pilih "/". kemudian klik OK.

  7. Partisi kedua yaitu swap,, kapasitas swap dihitung dengan 2x kapasitas memory teman-teman, jika memory RAMnya 2 GB, kapasitas swapnya 4 GB,,, kik ikon +, kemudian isikan size swap,  type for the new partition pilih Logical , location for the new partition pilih Beginning of this space, mount point pilih "swap area". kemudian klik OK.
 
8.    Kemudian klik Install Now.
9. Tampil pemberitahuan dilayar, silakan klik Continue untuk melanjutkan.

10. Selanjutkan pilih wilayah teman-teman, kemudian klik Continue

11. Pilih jenis keyboard,, biasanya sudah otomatis terpilih,, teman-teman tinggal klik Continue

12.    Pada tahap ini isikan nama user, nama komputer, dan password, kemudian klik Continue

13.    Kemudian os akan melakukan proses copying file ke komputer,, disini akan memakan waktu,, silahkan tunggu sampai proses selesai

14.    Jika installan sudah selesai, maka akan muncul pemberitahuan dilayar,, ada dua pilihan yaitu Continue Testing dan Restart Now,, silahkan klik Restart Now,,,

15    Komputer atau laptop akan melakukan restart,, setelah itu akan tampil halaman login,, silakan di isi user dan paswordnya,,,

  16.Kemudian teman-teman akan memasuki operating system linuxmint.

VII. HASIL
Hasilnya berhasil walaupun banyak kendala yang saya hadapi pada saat menginstal rerutama pada saat partisi harddisknya.

VIII. KESIMPULAN
Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. GNU General Public License,Lisensi mengijinkan distribusi atau bahkan penjualan versi Linux yang sudah dimodifikasi tetapi dengan catatan bahwa semua distribusi tersebut haras dibawah lisensi GNU GPL dan harus dengan source code programnya.Linux adalah sistem operasi yang di porting secara luas.

IX. REFERENSI
*Ebook TKJ
*http://hamimtkjblc.blogspot.co.id/2016/09/tahapan-install-linux-mint-17.html
 


Sekian dan Terima kasih
Wassalamu'alaikum Wr Wb.

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images

Popular Posts

Flickr Images